Wikipedia

Hasil penelusuran

..


Berbekal Pengalaman, Prof Farida “Anak Desa” Maju Calon Rektor Unhas 2022-2026

On Agustus 31, 2021

Agustus 31, 2021

Prof Farida Patittingi Dekan Fakultas Hukum Unhas. -- ist --

Suksesi pemilihan Rektor Unhas terus bergulir. Hingga hari ini ada delapan calon yang sudah mendaftar di Panitia Pemilihan Rektor Unhas. Salah satunya Dekan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Prof Farida Patittingi.

Lahir dan besar di desa menjadi pemicu Prof Farida Patittingi menapaki karier di Unhas. Ia kini menduduki jabatan tinggi Dekan Fakultas Hukum Unhas, sebuah posisi strategis pada kampus Ternama di kawasan Timur Indonesia.  Guru Besar bidang Hukum Agraria ini lahir dari keluarga sederhana. Bahkan sejak kecil mengabiskan waktu di pedesaan yakni Pattirobajo, sebuah desa di wilayah Kecamatan Sibulue, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan.  “Saya sejak kecil dibesarkan di desa Pattirobajo, dilingkungan keluarga yang sangat sederhana,tapi bisa gapai impian seperti sekarang,” ujar Farida, Minggu (22/8).

Sejak kecil anak bungsu dari tiga bersaudara itu memiliki cita-cita sebagai seorang polisi. Namun, ketika pada masa SMA kemudian memiliki keinginan menjadi seorang Insinyur (Ir) Teknik.  Keinginan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi merupakan impian setiap orang. Termasuk Ida sapaan akrab Prof. Farida. Meskipun, kadangkala biaya pendidikan yang tinggi dan sulit terjangkau menjadi tantangan bagi keluarga.  Ketekunan dan tekad yang kuat selalu dimilikinya ketika melewati jenjang SD dan SMP di Sibulue, kemudian SMA di Watampone. Setelah itu ia melanjutkan kuliah di Universitas Hasanuddin dengan pilihan berbeda. Bahkan jurusan pertama yang dipilih adalah fakultas teknik. Akan tetapi takdir berpihak lain. Pilihan ketiga yakni Fakultas Hukum menjadi pelabuhan terakhirnya ia lulus.  “Saya anak kampung mecoba menerobos ke kota. Dengan tekad kuat dan sejuta impian,” tuturnya.

Prof. Farida sejak kecil selalu mengikuti pesan dan nasihat orang tuanya. Lahir dari kelurga sederhana, namun selalu bahagia dengan apa yang dia alami. Oleh orang tuanya, Farida sejak kecil diharapkan menjadi seorang guru. Kini ia menjadi tenaga pengajar (Dosen) yang menyandang guru besar di Perguruan Tinggi Negeri.  Hobinya adalah olahraga. Dia juga sejak kecil menghabiskan waktu aktivitas dengan kegiatan sosial. Mulai dari kegiatan kemasyarakatan hingga kegiatan pramuka. Setiap kegiatan selalu tampil menjadi panutan bagi teman-temanya.  Berkat usaha dan kegigihannya belajar saat di bangku SD hingga SMA serta semangat untuk bisa membahagiakan kedua orangtuanya, akhirnya Farida berhasil menembus benteng rintangan.  “Suasana kebatinan, membuat saya selalu mengenang pesan-pesan bijak dari mendiang orang tua saya. Jujur, jaga dirimu, komitmen dan tau diri. Ini selalu saya jaga, hingga saat ini” kenang Prof. Farida.

Perjalanan karir Prof Farida sangat panjang, bahkan sudah melewati beberapa jabatan strategis di lingkup akademik struktural kampus serta organisasi lainya. Kini Prof. Farida menjadi salah satu sosok yang diperhitungkan sebagai calon Rektor Unhas periode 2022-2026 mendatang. Dia secara resmi mendaftarkan diri untuk menahkodai kampus merah di Sulawesi Selatan.

KLIK PROFIL LENGKAP PROF FARIDA PATITTINGI

Sumber : newsurban.id

Berita ini telah tayang di newsurban.id, Ahad, 22/08/2021 14 , dengan judul "Berbekal Pengalaman, Prof Farida “Anak Desa” Maju Calon Rektor Unhas 2022-2026".


Next
« Prev Post
Previous
This is the oldest page