Wikipedia

Hasil penelusuran

..


Jelang Harkodia, Prof Farida: Bibit Korupsi Harus Dihilangkan

On Desember 08, 2021

Desember 08, 2021


Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) bakal kembali diperingati pada Kamis, (9/12/2021) mendatang. Dekan FH Unhas, Prof Dr Farida Patittingi, menjelaskan, dewasa ini masyarakat harus mulai memahami defenisi korupsi bukan hanya pada orang-orang yang berafiliasi pada pemerintahan dan instansi. Dan juga bentuk-bentuk korupsi. Guru besar Hukum Unhas ini mengatakan, mahasiswa yang sebagai garda terdepan menyuarakan antikorupsi harus juga mengimplementasikan suaranya pada pribadi mereka sendiri.

“Saat berdiri, berteriak lawan korupsi, maka bibit korupsi sedikitpun harus dihilangkan,” ujarnya. Menurutnya, mahasiswa yang menjadi pemimpin masa depan harus menguatkan integrasi dalam diri kita dengan grow dengan integrity. “Lawan korupsi, lawan dulu dirinya untuk tidak korupsi. Korupsi harus dihilangkan dari diri kita sendiri,” tandasnya.

Diketahui, FK Unhas telah menggelar Seminar Nasional, di Baruga Baharuddin Lopa, Fakuktas Hukum (FH) Unhas Makassar, Senin (6/12/2021). Dengan mengangkat tema Refleksi 2 tahun Reformasi Dikorupsi : Titik Nadir Pemberantasan Korupsi untuk mencari titik terang mengenai masa depan pemberantasan korupsi di Indonesia. Sedangkan, Wakil Ketua 2 Garda Tipikor Ebby Ramdhani Syahri Wijaya mengatakan pelemahan pemberantasan korupsi di Indonesia dimulai saat #reformasidikorupsi digaungkan oleh seluruh mahasiswa di Indonesia. 

Bermula pada pembatalan revisi undang-undang Komisi Pemberantasan Korupsi dan puncaknya pada pemecatan 57 pegawai KPK yang tidak lulus Tes Wawasan Kebangsaan. Non Governmental Organization (NGO) Aktivis Anti Korupsi Djusman Air mengatakan independensi KPK perlahan terkikis namun hal tersebut bukanlah penghalang untuk menegakkan keadilan. “Jangan takut untuk melaporkan penyelewengan,” tegasnya. Aktivis yang juga sebagai pelapor Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah di KPK ini mengatakan meskipun KPK saat ini semakin melemah namun bukan berarti pemberantasan korupsi ikut lemah.

Sumber : fajar.co.id

Berita ini telah tayang di fajar.co.id, 07/12/2021, dengan judul "Jelang Harkodia, Prof Farida: Bibit Korupsi Harus Dihilangkan".

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »